Realita Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar

Sumsel68 views

Karya Alviyana Jami’atus Syifah
Dosen Pengampu : Mazda Leva Okta Safitri, M.Pd. dan Dwi Cahaya Nurani, M.Pd.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Sriwijaya

SUMSEL,TRCNEWS.ID – Pendidikan di Indonesia saat ini berupaya untuk menciptakan generasi muda yang unggul dalam pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Tindakan yang dapat dilakukan salah satunya adalah dengan meningkatkan pendidikan karakter dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam sila Pancasila. Seiring dengan hal ini di dalam kurikulum merdeka yang berlaku di sekolah dasar meningkatkan pendidikan karakter dengan melakukan pelaksanaan pembelajaran yang berbasis pada proyek penguatan profil pelajar pancasila.
Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang sangat penting untuk diajarkan pada siswa sekolah dasar agar mereka terbiasa untuk melakukan kebaikan yang sesuai dengan nilai pancasila. Selain dari itu, pendidikan karakter memiliki nilai-nilai yang harus ditanamkan kepada siswa sekolah dasar yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat dan komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab. Guru sebagai pengajar dan pendidik yang berada disekolah memiliki tanggung jawab untuk menanamkan nilai-nilai karakter tersebut dengan berbagai pengajaran yang dilakukan.
Pada saat ini pendidikan karakter di sekolah sangat penting untuk membentuk moral siswa agar menjadi pribadi yang berbudi pekerti dan memiliki sopan santun terhadap orang tua. Tak jarang, masih banyak siswa sekolah dasar yang memiliki nilai karakter yang rendah. Karena adanya kasus yang melibatkan siswa melakukan kekerasan, penyalahgunaan hp, berbicara kotor dihadapan orang tua, dan masih ada siswa yang tidak mematuhi perintah orang tua dan guru. Penerapan pendidikan karakter membawa pengaruh positif terhadap pengembangan moral anak, karena dengan berbagai pengajaran nilai karakter menjadikan siswa memiliki kemauan untuk menolong sesama, toleransi terhadap teman yang berbeda agama, peduli terhadap lingkungan sekitar, dan menjadikan siswa lebih bertanggungjawab dalam segala tindakan yang dilakukan Pendidikan karakter dapat membentuk siswa menjadi lebih mampu untuk menumbuhkan kemampuan yang seimbang yang tidak hanya pintar dalam pengetahuan, tapi juga pintar dalam bersikap. Pendidikan karakter harus selalu diimplementasikan di sekolah dasar untuk membuat generasi muda Indonesia menjadi pribadi yang berperilaku baik, sopan santun, dan tidak melupakan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *